Panglima TNI Bersama 3 Matra Gelar Baksos pada Latgab TA 2023

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

SITUBONDO, Banuaraya.com – Bertempat di lapangan Sukorejo, desa Sumberrejo, kecamatan Banyuputih, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama rombongan mendistribusikan ribuan paket sembako kepada masyarakat terdekat di lokasi latihan gabungan (Latgab) TNI tahun 2023. Selasa, (01/08).

Pada kesempatan itu, Laksamana Yudo Margono juga turut meminta maaf kepada warga di sekitar Asembagus dan Karangtekok Banyuputih. Hal ini diterangkan nya, lantaran pelaksanaan Latgab yang digelar bersama TNI-AL, TNI-AU, dan TNI-AD dirasa dapat sedikit mengganggu kenyamanan masyarakat selama proses kegiatan berlangsung.

Berdasarkan pengamatan awak media, nampak juga hadir Laksamana TNI Muhammad Ali (KASAL), Jenderal TNI Dudung Abdurachman (KSAD), serta KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA.  

"Terimakasih bapak/ibu. Kami hadir berkunjung bersama bapak KASAU, KASAD, dan KASAL di Situbondo sebagai wujud perhatian dan kebersamaan TNI dengan rakyat," ungkap Laksamana Yudo Margono.

Lebih lanjut, perwira tinggi TNI-AL yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut pada masa 2020 itu menegaskan, "Latgab ini dilaksanakan, untuk menguji kesiap-siagaan TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI. Kami ingin masyarakat tahu, bahwa TNI selalu hadir untuk rakyat di negeri ini," imbuh Panglima TNI kelahiran Madiun itu.

Seperti diketahui, bantuan paket sembako berjumlah 2.800 tersebut telah berhasil disalurkan kepada masyarakat setempat. Bahkan, gabungan tiga matra TNI tersebut juga sukses menggelar pengobatan gratis dan praktik sunatan massal.

Diperoleh keterangan, pasien yang menginginkan pelayanan kesehatan umum tercatat 451 orang. Sementara pasien yang memanfaatkan pelayanan kesehatan gigi tertera 21 orang. Sehingga, total pasien yang berkunjung pada giat baksos tersebut berjumlah 472 pasien. Sedangkan kapasitas anak yang mengikuti sunatan massal sebanyak 90 peserta.

Aksi bakti sosial atas peran tiga matra TNI dalam melaksanakan pengobatan gratis sekaligus praktik sunatan massal, acara tersebut tercapai dengan melibatkan kiprah 36 personil Baladhika Husada Jember Ra TK III (TNI-AD), kemudian 14 personil Yonkes Marinir (TNI-AL), dan selanjutnya 9 personil TNI-AU.

Dalam penuturan nya, pria alumni AAL angkatan ke-33 itu juga berharap, "Semoga penyaluran bantuan sembako, pelayanan pengobatan gratis, dan sunatan massal dapat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, semoga giat baksos dapat sekaligus mempererat silaturahim antara TNI dengan warga sekitar," beber Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.  

Usai membagikan ribuan paket sembako, Panglima TNI bersama rombongan bertolak menuju lokasi titik pantau T12 di Karangtekok guna menyaksikan Latgab Ta 2023.

Reporter: Agung Ch

TERKAIT