Kapolres Gayo Lues Turut Serta Menghadiri Rakor Percepatan Penurunan Stunting Thn 2023.

Kepala Kepolisian Resor Gayo Lues AKBP Setiyawan Eko Prasetya, S.H., S.I.K.

Gayo Lues , Banuaraya.com - Kepala Kepolisian Resor Gayo Lues AKBP Setiyawan Eko Prasetya, S.H., S.I.K. Menghadiri Rapat Koordinasi dalam Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023, di Ruangan Aula Off-Room Setdakab Gayo Lues, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Rabu tgl ( 09 / 08 / 2023 ) sekira pukul, 09.30 wib.
 
Dalam acara Rakor tersebut turut juga hadir Plt.Kepala BKKBN Aceh, Husni Tamrin, SE., M.M , PJ. Bupati Gayo Lues, Drs.H.Alhudri, M.M , Dandim 0113/Gayo Lues, Letkol.Inf.Krismanto, S.Pd.
- Kapolres Gayo Lues, AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H., S.I.K.
, Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H.
 , Ketua DPRK Gayo Lues, H.Ali Husin, S.H.
, Plt.Setdakab Gayo Lues, H.Jata, SE., M.M.
, Ketua MPU Gayo Lues, Tgk.Syahrizal.
, Para Kepala SKPK Gayo Lues.
, Para Tamu Undangan.
, Insan Pers.

Kata sambutan Plh. Kepala Dinas P3AP2KB Gayo Lues, Sartika Mayasari, S.STP., MA ,  menyampaikan capaian penurunan
stunting di Kabupaten Gayo Lues mencapai 31,4 % angka ini sudah mencapai target kita untuk  menurunkan angka di Kabupaten Gayo Lues untuk itu mari kita bersama-sama meningkatkan penurunan stunting hingga angka 0%5, sebut Mayasari " penurunan ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melakukan berbagai program atau kegiatan, seperti melaksanakan pengaktifan Posyandu, Rembuk Stunting, Audit Kasus Stunting, kegiatan Nentong Sudere, pembentukan Satuan Tugas Stunting Gayo Lues dan Program Bapak Asuh Anak Stunting, serta pemberian makanan tambahan dan Vitamin bagi balita.

Ditempat waktu yang sama kata sambutan Plt.Kepala BKKBN Aceh, Husni Tamrin, SE., M.M. memaparkan untuk mencapai target dan aksi bagaimana penurunan keluarga yang berisiko " dimulai dari remaja, ibu hamil, yang baru melahirkan, khususnya bagi anak2 yang lahir dari 0 bulan sampai 23 tahun, sebagaimana kita ketahui stunting adalah akibat tingkat gizi yang tidak terpenuhi, khusus di galus, fokus kepada keluarga yang bersiko, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam pencegahan stunting, Upaya ini bertujuan anak-anak indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal dan diharapkan para orang tua dapat menyadari tentang pentingnya pemenuhan gizi dan meningkatkan kualitas kesehatan anak demi terhindar dari stunting. Masalah stunting penting untuk diselesaikan, karena berpotensi menghambat tumbuh sumber daya manusia dan berhubungan dengan tingkat kesehatan, bahkan kematian anak.

Berikut nya kata sambutan PJ.Bupati Gayo Lues, Drs.H.Alhudri, M.M. menyampaikan Selanjutnya beberapa rumusan stunting seperti entong sedere,  jumat curhat dan banyak faktor-faktor yang mendukung kegiatan stunting dan juga saya berharap mari bersama memperbaiki kondisi saat ini terkait pendidikan, kesehatan, daya beli masyarakat, Kemudian persoalan stunting masalah pangan, pasalnya masalah makanan menentukan pertumbuhan anak oleh karena itu mari bersama-sama kita laksanakan maka angka stunting akan bisa turun sehingga kasus stunting ini dapat di tangani sesuai yang diharapkan dimasa mendatang, Beberapa upaya yang di lakukan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues sebagai berikut :
- Pembentukan tim percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Gayo Lues atau program bapak asuh , Penyiapan rumah pangan lestari nentong sudere.
Kampanye tentang percepatan penurunan stunting melakukan kampanye metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).
Dapur sehat atasi stunting (Dashat)
- Melakukan rembuk stunting;
- Pelaksanaan audit kasus stunting;
- Mengaktifkan pelayanan  posyandu;
- Melakukan pembinaan terhadap remaja;
- Melakukan pendataan terhadap keluarga beresiko stunting yang tidak memiliki jamban sehat.

Adapun acara kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023 tersebut selesai sekira pukul 10:30 WIB berjalan dengan baik, aman dan lancar. ( Syukran ).

TERKAIT