Pj bupati Sarolangun Buka Forum konsultasi Publik RKPD tahun 2025

Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri turut hadir Pj Sekda Sarolangun Dedi Hendri, Plt Kepala Bappeda Maria Susanti

SAROLANGUN,banuaraya.com – Dalam  mewujudkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Bappeda menggelar Forum Konsultasi Publik, Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2025. Di aula kantor Bappeda  jum'at (16/02) pagi.

Kegiatan yang dibuka Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri turut hadir Pj Sekda Sarolangun Dedi Hendri, Plt Kepala Bappeda Maria Susanti, Anggota DPRD Sarolangun, Para Staf Ahli, Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, perwakilan Polres Sarolangun, Dandim 0420/Sarko, Tokoh Masyarakat dan OKP, Ikatan Dokter Indonesia serta tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri dalam sambutannya mengatakan, rancangan Awal RKPD tahun 2025 ini nantinya sebagai acuan untuk Kepala Daerah yang terpilih nantinya, sehingga Kepala Daerah yang terpilih tinggal melaksanakan program kerja yang sudah disusun didalam RKPD tahun 2025.

"Bachril Bakri, jika dalam forum ini nantinya semua usulan, gagasan dan program kerja yang sudah diusulkan di Musrenbang Kecamatan bisa disikronasikan dengan SKPD. Sementara RKPD tahun 2025 Kabupaten Sarolangun nanti tetap mengacu pada kebijakan nasional dan provinsi.

”Bicara masalah peningkatan fisik atau infrastuktur hanya bagian kecil,namun sesuai dengan kebijakan Presiden RI, dimana peningkatan SDM dan ekonomi itu yang paling utama,” ujarnya.

"Lanjut dikatakan Bachril Bakri, dimana Kabupaten Sarolangun pada tahun 2023 kemarin, untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan sebesar 0,64 % sementara angka pengangguran menurun sebesar 0,32%.Sedangkan angka kemiskinan meningkat dari 1165 menjadi 1404.

Dalam kesempatan tersebut,Bachril Bakri berharap kegiatan ini bisa menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi seperti persoalan pendidikan, kesehatan, kemiskinan ekstrem, peningkatan PAD, pariwisata, pengembangan UMKM, bidang kesehatan dan lingkungan hidup.

”Jadi kami minta kepada seluruh SKPD untuk mempersiapkan rencana kegiatan yang bisa betul-betul mengangkat kebijakan tersebut,” tutupnya.

Sementara Plt Kepala Bappeda Sarolangun, Maria Susanti dalam laporannya sebelumnya mengatakan, jika untuk program kerja harus berdasarkan kondisi tantangan ke depan. Untuk Kabupaten Sarolangun tahun 2025 akan fokus terhadap upaya peningkatan PAD, peningkatan pelayanan publik, peningkatan SDM dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sosial dan ekonomi.

”Berdasarkan rancangan awal RKPD kita untuk tahun 2025 terus fokus dengan kebijakan dan arah nasional, seperti penangaanan masyarakat miskin ekstrem,” sebutnya.

 jika kegiatan Forum Konsultasi Publik ini merupakan lanjutan dari kegiatan Musrenbang Kecamatan yang sudah dilaksanakan mulai dari 22 Januari – 7 Februari 2024 yang lalu. Dimana untuk mencari saran dan masukan, sehingga pemantapan ekonomi daerah bisa berjalan dengan baik.pungkasnya.(jay)

TERKAIT